0

 


Prinsip mempelajari Informatika

1.      Informatika didasari berpikir komputasional (computational thinking) sebagai landasan berpikir. Berpikir merupakan elemen paling penting dalam belajar.

2.      Informatika bukan hanya memakai komputer, tetapi juga memakai aplikasi. Informatika adalah salah satu cabang ilmu seperti halnya matematika, biologi, dan ekonomi.

3.      Informatika terdiri atas konsep dan praktik

4.      Informatika merupakan ilmu yang berinteraksi dengan semua bidang lain

5.      Pembelajaran Informatika akan mendidik kalian menjadi pencipta di dunia digital, bukan hanya sebagai pengguna teknologi

Apa dan Mengapa Perlu Belajar Informatika ?

Ø      Masyarakat sekarang ini disebut Masyarakat 5.0 (Society 5.0) karena tidak hanya hidup di dunia fisik, tetapi juga hidup dan berinteraksi di dunia siber (maya) saat melakukan kegiatan daring (dalam jaringan).

Ø      Istilah informatika pertama kali disampaikan Karl Steinbuch pada tahun 1957.

Ø      Universitas Edinburgh memperluas definisi informatika menjadi “studi mengenai struktur, algoritma, perilaku, dan interaksi sistem komputasi alami dan juga buatan”.

Ø      Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut.

Ø      Komputasi adalah ilmu yang berkaitan dengan pemodelan matematika dan penggunaan komputer untuk menyelesaikan masalah-masalah sains.

Ø      Landasan berpikir untuk belajar informatika dinamakan berpikir komputasional (computational thinking/CT).

Apa yang akan dipelajari dalam Mata Pelajaran Informatika ?

1.      Berpikir Komputasional (BK)

2.      Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

3.      Sistem Komputer (SK)

4.      Analisis Data (AD)

5.      Algoritma dan Pemrograman (AP)

6.      Dampak Sosial Informatika (DSI)

7.      Praktik Lintas Bidang (PLB)

Informatika dan Profil Pelajar Pancasila

Ø      Beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia

Ø      Berkebhinekaan global

Ø      Bergotong royong

Ø      Mandiri

Ø      Bernalar kritis

Ø      Kreatif

Pengantar Keterampilan Generik

1.      Membina budaya kerja masyarakat digital dalam tim yang inklusif.

2.      Berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema Komputasi.

3.      Mengenali dan mendeinisikan persoalan yang penyelesaiannya dapat didukung dengan sistem komputasi.

4.      Mengembangkan dan menggunakan abstraksi.

5.      Mengembangkan artefak komputasi, misalnya membuat program sederhana untuk menunjang model komputasi yang dibutuhkan di pelajaran lain.

6.      Mengembangkan rencana pengujian, menguji, dan mendokumentasikan hasil uji artefak komputasi.

7.    Mengomunikasikan suatu proses, fenomena, solusi TIK dengan mempresentasikan, memvisualisasikan, dan memperhatikan hak kekayaan intelektual.

Posting Komentar

 
Top